7 Cara Mencegah dan Mengatasi Neuropati

Home / Caring Your Nerve Health / 7 Cara Mencegah dan Mengatasi Neuropati

Mencegah dan mengatasi neuropati perlu untuk selalu dilakukan mengingat salah satu gangguan kesehatan ini dapat membuat aktivitas Anda terhambat. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan neuropati itu? Neuropati merupakan sebuah kondisi di mana otot terasa kaku, mengalami kram, atau sebagian tubuh terasa kebas.

Sebenarnya, hal ini tidak masalah jika terjadi hanya sesekali dan tidak dalam waktu lama. Sayangnya, neuropati ini akan terus meningkat jika tidak diatasi dengan segera, yang pastinya akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Nah, untuk mengatasinya dan mencegah terjadinya neuropati, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Berjalan di Atas Bebatuan

Ini merupakan salah satu refleksi yang dapat Anda lakukan setiap hari agar peredaran darah di sekitar kaki menjadi lancar. Sistem metabolisme dan pembuangan racun dari dalam tubuh pun akan berjalan lancar dengan melakukan aktivitas ini minimal tiga kali dalam satu minggu. Tidak hanya itu, refleksi ini jugs dapat menjaga keaktifan saraf tepi dengan baik. Sebab, titik-titik saraf yang terdapat pada telapak kaki secara otomatis akan terpijat. Tidak perlu lama-lama untuk melakukannya. Waktu 10 menit sudah cukup membuat sirkulasi darah Anda menjadi lancar.

  1. Olahraga Neuromove secara Teratur

Terdapat olahraga khusus untuk mengatasi neuropati yang direkomendasikan oleh spesialis saraf dan kedokteran olahraga, yaitu neuromove. Sebab, di dalam olahraga ini, terdapat gerakan yang mampu membuat sel saraf menjadi lebih aktif. Lakukan olahraga ini secara teratur setiap hari selama 20 menit. Anda bisa mengonsultasikan tentang model dari olahraga ini kepada ahlinya.

  1. Bermain Alat Musik

Jangan dikira bermain alat musik hanya sebagai hiburan penyalur hobi, terutama alat musik yang memanfaatkan jari untuk memainkannya, seperti gitar dan piano. Di dalamnya, terdapat gerakan yang dapat digunakan sebagai terapi untuk mengatasi neuropati. Tekanan jari dengan alat musik mampu membuat saraf tepi yang berada di ujung jari menjadi aktif setiap saat.

  1. Melakukan Diet Sehat dan Seimbang

Dalam hal ini, diet yang dimaksud adalah mengatur pola makan yang sehat. Apa pun makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh haruslah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, pada dasarnya sumber berbagai penyakit berasal dari asupan makanan dan minuman ini. Hindari makanan yang membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit, seperti makanan cepat saji atau mengandung bahan berbahaya. Minuman beralkohol juga menjadi pantangan bagi Anda karena merupakan penyebab terjadinya neuropati.

  1. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Penyakit diabetes juga dapat menyebabkan Anda terkena neuropati. Oleh karena itu, jaga selalu kestabilan kadar gula darah Anda dalam titik normal.

  1. Mengonsumsi Vitamin Neurotropik

Contoh vitamin neurotropik adalah vitamin B1, B6, dan B12. Asupan yang cukup akan vitamin ini dapat mencegah tubuh dari ancaman neuropati. Sebab, vitamin tersebut dapat meregenerasi sekaligus melindungi saraf agar dapat bekerja dengan baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, vitamin ini perlu dikonsumsi setiap hari satu kali. Vitamin ini tidak akan memberikan efek samping meskipun dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, vitamin neurotropik dapat dengan mudah larut dalam air dan terserap tubuh.

  1. Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Salah satu letak saraf tepi pada tubuh adalah di bagian ujung jari, baik kaki maupun tangan. Nah, untuk menghindari terhambatnya aliran darah ke saraf tepi yang dapat berakibat munculnya neuropati, gunakan sepatu yang nyaman. Sepatu dengan ujung sempit hanya akan membuat saraf tepi Anda menjadi tersiksa.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi neuropati.

Comments

comments

Related Posts