Belum Tahu Neuropati? Begini Penjelasannya

Home / All About Your Nerve / Belum Tahu Neuropati? Begini Penjelasannya

Bagi yang belum tahu, apa itu neuropati? Neuropati merupakan salah satu gangguan pada tubuh yang disebabkan kerusakan saraf baik karena cedera maupun sakit yang diderita. Neuropatik menjadi pembahasan yang luas karena banyaknya saraf yang terdapat dalam tubuh dan saling berkaitan satu sama lain. Arti penting saraf bagi tubuh adalah sebagai sistem koordinasi penyampai rangsangan dari resepetor untuk ditangkap, dideteksi dan direspon oleh tubuh.

Nah, sekarang anda tahu bukan pentingnya sistem syaraf. Sistem syaraf tersebut mengatur seluruh kerja tubuh kita sehingga sistem saraf sangat penting bagi aktifitas kehidupan sehari-hari. Pentingnya sistem saraf inilah yang membuat manusia harus menjaga dan menghindarkannya dari cedera dan penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan saraf atau neuropati.

Neuropati sendiri terbagi menjadi tiga bagian berdasarkan letak saraf dan penyakit yang terdapat pada bagian tersebut. berikut ini merupakan jenis neuropati yang sering menjadi pembahasan umum pada ilmu kesehatan.

Neuropati Perifer

neuropati perifer merupakan jenis neuropati atau gangguan saraf pada otak bagian luar dan susunan saraf di tulang belakang. Bisa dibilang bahwa neuropati jenis ini adalah neuropati yang paling sering menganggu pada tubuh yang kurang sehat.

Fungsi dari otak dan tulang belakang yang vital sehingga mempengaruhi sistem gerak pada tubuh. saraf-saraf yang terhubung dengan keduanya adalah jari kaki, kaki, tungkai, jari tangan, tangan, dan lengan. Jadi ketika saraf kita terganggu dengan neuropati jenis ini maka bisa dipastikan kita akan sulit untuk bergerak dan beraktivitas. Gejala-gejala pada neuropati perifer berdampak besar pada saraf motorik, berikut gejala yang sering dialami pada neuropati jenis ini.

  • Kedutan dan kram otot
  • Kelumpuhan, otot menjadi lemah, dan hilangnya kekuatan otot
  • Massa otot cepat menurun sehingga tidak bisa digunakan dengan maksimal
  • Sulit untuk beraktifitas sehari-hari seperti berjalan dan membawa sesuatu dengan tangan

Sedangkan dampak yang dirasakan pada saraf sensorik, yaitu.

  • Rasa perih dan ngilu pada bagian kaki atau tungkai kaki
  • Tidak merasakan sakit pada luka
  • Perubahan suhu tubuh yang bisa berubah secara drastis
  • Kesemutan dengan rasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum

Neuropati Otonom

Neuropati otonom merupakan gangguan saraf yang disebabkan oleh kerusakan involuter pada saraf. Sistem ini berpengaruh pada sistem-sistem yang penting didalam tubuh. Saraf yang rusak pada bagian ini akan mempengaruhi kinerja dari detak jantung, sirkulasi darah, sistem pencernaan, keringat, fungsi kandung kemih, dan respon seksual pada tubuh. gejala yang ditimbulkan oleh neuropati otonom , antara lain.

  • Mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi
  • Adanya rasa mual, kembung dan sering bersendawa
  • Detak jantung lebih cepat dan tak beraturan
  • Berkeringat secara berlebihan

 

Neuropati Kranial

Neuropati kranial merupakan gangguan saraf yang terjadi pada salah satu dari 12 saraf penting yang berada pada tulang belakang bagian atas. Jenis dari neuropati kranial sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu.

  1. Neuropatik auditori

Neuropati auditori merupakan gangguan saraf yang bisa merusak saraf yang menghubungkan telinga dan otak sehingga sinyal yang diterima oleh telinga tidak dapat di respon denga maksimal oleh otak.

  1. Neuropati optik

Neuropati optik merupakan gangguan saraf yang bisa merusak saraf yang menghubungkan bagian-bagian untuk sistem penglihatan. Kerusakan sistem saraf ini menjadikan otak lambat dan tidak responsif dengan sinyal yang dikirim oleh saraf retina pada mata.

Demikianlah informasi dasar dan jenis dari neuropati bagi yang belum tahu, apa itu neuropati?

Comments

comments

Related Posts