Cara Terbaik Mengatasi Kesemutan

Home / All About Your Nerve / Cara Terbaik Mengatasi Kesemutan

Cara mengatasi kesemutan tidaklah sulit. Meskipun kesemutan bukanlah penyakit yang bersifat kronis akan tetapi ketika tubuh mengalami kesemutan tentunya memberikan efek yang tidak nyaman. Bagian yang paling sering mengalami kesemutan adalah bagian tangan dan kaki.

Secara umum kesemutan yang terjadi pada tangan dan kaki karena terganggunya aliran darah di dalam bagian tersebut. meskipun tak menutup kemungkinan kesemutan terjadi dibagian tubuh yang lain dan disebabkan oleh faktor-faktor yang berbeda pula. Rasa yang ditimbulkan dari kesemutan pun berbeda-beda.

Terkadang seperti dikerubuti oleh semut, ditusuk paku, atau bahkan terasa seperti di sengat listrik. Memang beberapa orang menganggap kesemutan adalah hal yang biasa dan bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika intensitas kesemutan melebihi batas normal maka keadaan tersebut perlu dikhawatirkan. Karena bisa saja kesemutan terjadi akibat adanya sesuatu yang tidak benar dalam tubuh.

Kesemutan di bagian tubuh secara singkat atau dengan durasi waktu yang tidak lama memang tidak berbahaya. Berbeda lagi jika kesemutan terjadi dalam waktu yang lama bisa saja itu akibat dari cedera pada syaraf, syaraf terjepit, atau gejala stroke.

Faktor Penyebab Tingginya Intensitas Kesemutan

  • Kekurangan dan kelebihan vitamin

Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme dalam tubuh agar tetap berjalan maksimal. Akan tetapi kelebihan vitamin juga menimbulkan hal yang tidak baik bagi tubuh karena disfungsi organ dalam tubuh. seperti contoh kelebihan vitamin B6 akan menimbulkan kesemutan dengan intensitas yang tinggi. Adapun kekurangan vitamin E, B1, dan B12 juga dapat menimbulkan rasa kesemutan yang lebih besar dan lebih sakit.

  • Diabetes

Diabetes atau penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu sebab terjadinya kesemutan dengan intensitas tinggi. Kadar gula yang tidak terkontrol menyebabkan kerusakan pada syaraf perifer sehingga mengakibatkan kesemutan.

Cara Mengatasi Kesemutan dengan Mudah

Berikut cara mengatasi kesemutan sebelum terjadi dalam tubuh.

  • Memperbaiki alran darah dalam tubuh dengan aktif bergerak dan tidak berada pada satu posisi dalam waktu yang lama sehingga bisa menghambat aliran darah.
  • Mengkonsumsi vitamin E, B1, B6, dan B12 untuk memperbaiki fungsi syaraf dan melancarkan peredaran darah dengan maksimal. Selain itu ketiga vitamin ini juga berfungsi sebagai pembentuk metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh bisa digerakkan lebih cepat dan segar.
  • Menghindari minuman-minuman berakohol karena kandungan di dalam alkohol bisa menyebabkan defisiensi vitamin B terutama vitamin B1.

Adapun cara mengatasi kesemutan ketika sudah terjadi di bagian tubuh bisa dilakukan dengan melakukan beberapa gerakan seperti dijabarkan di bawah ini:

  • Posisikan tubuh pada posisi yang nyaman. Jika terjadi di tangan maka luruskan tangan dan letakkan dalam posisi ternyaman. Demikian pula pada kaki, selonjorkan kedua kaki ke depan sejajar.
  • Lakukan gerakan memijat dan gerakkan pelan-pelan anggota tubuh yang kesemutan. Kamu bisa melakukan gerakan berlawanan. Misalnya jika yang terkena kesemutan adalah kaki kiri maka gerakkan kaki kanan secara teratur kalau perlu hentakkan kaki kanan. Hal ini bertujuan agar kaki kiri bisa memberikan respon atas gerakan kaki kanan.
  • Gerakan yang dirasakan saat menggerakkan bagian berlawanan akan menyebabkan rasa kesemutan yang menjadi-jadi akan tetapi itu hanyalah reaksi responsif sementara. Ketika anda sudah melakukannya dengan baik maka anda akan terbebas dari kesemutan. Diamkan sebentar pada posisi ternyaman sampai kesemutan hilang dan demikianlah cara mengatasi kesemutan.

Comments

comments

Related Posts