Gejala Neuropati yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini

Home / All About Your Nerve / Gejala Neuropati yang Perlu Anda Ketahui Sejak Dini

Gejala neuropati merupakan salah satu gangguan syaraf yang dapat menyerang siapa saja. Syaraf sendiri merupakan salah satu dari bagian tubuh manusia yang berupa serat – serat untuk menghubungkan organ pada tubuh kita. Hal inilah yang menyebabkan syaraf sangatlah berperan penting dalam terjadinya kerusakan bagian tubuh tertentu.

Salah satu yang merupakan gangguan syaraf ini adalah neuropati, yang merupakan suatu penyakit syaraf tepi. Meskipun penyakit ini lebih banyak menyerang seseorang yang sudah berusia senja, namun tak menutup kemungkinan pula penyakit ini bisa dialami bagi mereka yang masih tergolong muda.

Seseorang yang berusia lanjut lebih sering mengalami kondisi penyakit ini sebab pada usia yang semakin lanjut, seseorang akan mengalami kemunduran fungsi syaraf secara berangsur – angsur. Selain itu, adanya beberapa penyakit lain layaknya penyakit pembuluh darah, mengidap kanker, serta faktor turunan dari keluarga juga menjadi pemicu dari penyakit yang satu ini.

Neuropati biasanya terdiri atas beberapa jenis layaknya karena usia yang semakin lanjut, karena trauma tertentu, atau karena kekurangan vitamin B.

Adanya Rasa Nyeri

Pada bagian tubuh penderita neuropati ini akan dirasakan nyeri yang mungkin cukup menganggu kegiatan Anda selama beraktifitas. Bayangkan saja bila Anda harus melakukan pekerjaan yang mewajibkan Anda untuk bergerak kesana – kemari, namun karena adanya gangguan nyeri ini Anda menjadi terpaksa harus sedikit menahan rasa nyeri yang tak tertahankan. Oleh karena itu kita harus mewaspadai gejala – gejala penyakit seperti ini.

Mengalami Gejala Mati Rasa

Mungkin terkadang kita bisa saja mengalami keadaan mati rasa karena melakukan aktivitas yang terlalu berat maupun sebagainya, namun apa yang terjadi bila Anda mengalami serangan mati rasa ini terlalu sering dan juga membuat Anda mengalami gangguan penyakit lain yang tidak mengenakan layaknya kram pada bagian tubuh tertentu? Pasti rutinitas harian Anda menjadi kurang terlaksana dengan tepat waktu bukan? Gejala mati rasa bisa saja terjadi pada bagian tubuh yang umum layaknya pada bagian kaki, tangan, maupun lengan, namun bisa saja mati rasa yang terjadi ini menyerang bagian tubuh lain layaknya pada bagian mata, telinga, dan sebagainya.

Otot Terasa Kaku

Gejala neuropati yang lain adalah adanya rasa kaku pada bagian sendi maupun otot Anda. Kaku yang terjadi bisa saja hanya sebentar dan langsung sembuh dengan sendirinya, namun adapula gejala rasa kaku yang bertahan dengan lama dan sulit untuk hilang, hal ini adalah gangguan yang patut untuk Anda waspadai.

Terjadi Kesemutan

Umumnya kesemutan dianggap sebagai penyakit yang sangat umum sehingga tidak terlalu dikhawatirkan secara serius. Namun kesemutan yang terjadi dengan gejala lebih lama dan berbeda dengan kebiasaan yang ada bisa saja menjadi salah satu gejala awal dari nueropati ini. Kesemutan yang dimaksudkan tadi merupakan gangguan awal yang terjadi pada syaraf yang bila terjadi terlalu sering akan terus menganggu keseharian Anda, maka Anda harus segera memeriksakannya terlebih dahulu kepada dokter yang berwenang.

Kulit Hipersensitif

Kulit yang terlalu sensitif bisa saja menjadi salah satu gejala dari adanya neuropati. Kulit hipersensitif akan sangat rentan terhadap gejala atau keadaan yang panas maupun dingin, serta mudah mengalami alergi tertentu.

Anda pun bisa mengkonsumsi vitamin neurotropik yang terdiri dari vitamin B12, B6, hingga B1, mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi yang baik, hingga konsumsi vitamin A, B, serta C, sebagai pencegahan dari adanya gejala neuropati.

Comments

comments

Related Posts