Ini Dia Cara Mengobati Kebas

Home / Caring Your Nerve Health / Ini Dia Cara Mengobati Kebas

Ini dia cara mengobati kebas menjadi topik artikel yang sangat menarik. Hal ini karena banyak sekali orang yang mengalami kebas, namun mereka tidak tahu dengan pasti bahwa kebas tersebut bukanlah hal yang sepele karena sebenarnya kebas juga bisa jadi merupakan tanda atau gejala dari penyakit Neuropati. Jika anda belum mengetahui apa itu Neuropati, maka berikut ini merupakan penjelasannya.

Mengenal Penyakit Neuropati

Neuropati adalah suatu kondisi dimana syaraf mengalami kelainan sehingga kelainan tersebut menyebabkan adanya kelemahan pada otot. Hal ini tentunya akan mengganggu kinerja dari tubuh penderitanya. Karena pada dasarnya tubuh manusia memang terdiri atas otot maupun sel syaraf yang saling berkaitan. Jika salah satu mengalami masalah, maka secara otomatis juga akan mengganggu yang lainnya.

Umumnya Neuropati ini memang kurang disadari oleh penderitanya karena biasanya ditandai seperti kesemutan maupun kebas. Tentunya hal seperti ini sering dianggap sepele dan mengganggap bahwa kebas ini bukanlah hal yang serius. Tapi kembali lagi bahwa Neuropati ini berhubungan dengan syaraf yang tentunya akan sangat beresiko jika tidak segera ditangani.

Pemicu Terjadinya Neuropati

Ada akibat tidak mungkin tanpa sebab, begitu pula dengan penyakit Neuropati ini. penyakit Neuropati juga bisa terjadi akibat beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

  1. Faktor Internal

Neuropati bisa terjadi akibat faktor internal yang artinya memang berasal dari tubuh penderitanya, yaitu :

  • Genetik

Lagi – lagi genetik membawa pengaruh cukup besarmenjadi alasan mengapa seseorang bisa menderita Neuropati. Jika dalam keluarga anda memang sebelumnya terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat Neuropati, maka kemungkinan besar anggota keluarga yang lain juga memiliki peluang untuk menderita penyakit yang sama.

  1. Faktor Eksternal

Selain itu, Neuropati juga bisa dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar tubuh penderitanya, yaitu :

  • Pernah Mengalami Cedera

Kecelakaan memang tidak ernah bisa diprediksi kapan datangnya dan apa penyebabnya. Dan terkadang efek dari kecelakaan baik olahraga, pekerjaan maupun lalu lintas tersebut bisa menyebabkan trauma fisik yang imbasnya akan membuat penderitanya berpeluang mengalami Neuropati.

  • Akibat Kelainan atau Penyakit

Neuropati juga bisa terjadi akibat penderitanya juga mengalami penyakit atau kelainan lain seperti tumor, diabetes, reumatik, lupus dan aliran darah yang terganggu.

  • Terlalu Sering Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol memang membaa pengaruh buruk bagi tubuh dan juga kesehatan anda. Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa memicu kerusakan pada syaraf sehingga menebabkan Neuropati.

  • Kurang Vitamin

Ternyata Neuropati juga bisa terjadi akibat penderitanya mengalami kekurangan beberapa jenis vitamin, seperti Vitamin B kompleks dan juga folat.

  • Efek Obat – obatan Tertentu

Memang sebaiknya anda tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat – obatan karena bisa jadi tanpa anda sadari obat yang anda konsumsi tersebut bisa memberikan efek buruk bagi tubuh anda suatu hari nanti. Misalnya saja efek Neuropati.

Mengobati Neuropati

Untuk mengobati penyakit Neuropati ini sebaiknya anda memang melakukan pemeriksaan secara detal terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui diagnosa secara pasti sekaligus untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keparahan dari Neuropati yang anda derita. Umumnya dokter akan menyarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa Neuropati seperti CT Scan, MRI, X Ray, EMG maupun biopsi.

Sedangkan beberapa upaya pencegahan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Neuropati ini adalah dengan cara memerhatikan kebersihan serta kesehatan kaki. Gunakan alas kaki setiap keluar rumah dengan ukuran yang pas. Usahakan agar kebersihan dan kesehatan kaki anda terjaga dengan baik serta hindari kebiasaan merokok agar peredaran darah tetap lancar. Ini dia cara mengobati kebas semoga bermanfaat untuk anda.

Comments

comments

Related Posts