Kenali 7 Penyebab Kesemutan Ini dan Cara Mengatasinya

Home / All About Your Nerve / Kenali 7 Penyebab Kesemutan Ini dan Cara Mengatasinya

Penyebab kesemutan sangatlah banyak, baik yang bersifat sementara maupun berkepanjangan. Ya, secara garis besar, kondisi di mana sebagian anggota tubuh merasa mati rasa ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sementara dan berkepanjangan.

Sesuai namanya, kesemutan sementara hanya terjadi dalam beberapa menit saja dan akan sembuh dengan sendirinya begitu dilakukan peregangan pada otot di sekitarnya. Sedangkan, kesemutan berkepanjangan terjadi dalam waktu lama dan bisa menjadi penanda adanya beberapa penyakit di dalam tubuh. Mau tahu penyebab sekaligus cara mengatasi kesemutan ini? Berikut ini ulasan lebih lengkapnya.

# Penyebab Kesemutan Sementara

Ada tiga penyebab terjadinya kesemutan sementara, yaitu:

  1.      Adanya Tekanan pada Saraf Tertentu

Tekanan yang terjadi pada salah satu anggota tubuh dalam waktu lama bisa menyebabkan pasokan darah ke saraf di sekitar anggota tubuh tersebut menjadi terhambat. Sebagai contoh, duduk bersila dalam waktu lama, tidur dengan menindih salah satu tangan atau lengan, dan menggunakan sepatu sempit dalam waktu lama, dan sebagainya. Agar kesemutan ini segera hilang, Anda tinggal meluruskan kaki setelah bersila lama, meregangkan tangan yang tertindih, atau melepas sepatu yang kesempitan. Pada intinya, segera rilekskan anggota tubuh yang mengalami kesemutan agar aliran darah kembali normal.

  1.      Dehidrasi atau Hiperventilasi

Saat Anda kekurangan cairan dalam tubuh atau Anda bernapas terlalu cepat juga bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh Anda menjadi kesemutan. Biasanya, hal ini terjadi saat Anda melakukan olahraga berat. Untuk menghilangkannya, segera minum air dan atur napas sebaik mungkin.

  1.      Adanya Penyakit Raynaud

Penyakit raynaud sangat mempengaruhi pasokan darah ke suatu anggota tubuh. Biasanya, penyakit ini akan muncul saat seseorang sedang gelisah, berada di suhu dingin, atau mengalami stres. Untuk mengatasinya, Anda harus serileks mungkin dalam mengatur psikologis Anda. Jangan biarkan stres melanda pikiran Anda. Jika Anda berada di suhu dingin, segera hangatkan tubuh Anda.

# Penyebab Kesemutan Berkepanjangan

Ada tiga penyebab terjadinya kesemutan berkepanjangan, yaitu:

  1.      Adanya Penyakit dalam Tubuh

Beberapa penyakit yang biasanya akan menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi kesemutan dalam waktu lama antara lain diabetes, penyakit hati, stroke, gangguan ginjal, hingga tumor dan kanker. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kesemutan dalam waktu lama, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyakit apa yang ada dalam tubuh Anda sehingga dapat segera ditangani sebelum terlambat.

  1.      Penggunaan Obat-obatan

Mengonsumsi sejumlah obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi kesemutan. Sebagai contoh, obat kemoterapi, antibiotik, obat penyakit HIV, atau obat pencegah kejang. Untuk mengatasinya, pastikan obat yang Anda konsumsi atas rekomendasi dokter sehingga kadar kesemutan ini masih dalam toleransi standar.

  1.      Terkena Zat Beracun

Beberapa zat beracun dari zat kimia yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh juga berakibat timbulnya kesemutan. Zat beracun ini dapat bersumber dari berbagai sumber, seperti makanan, kosmetik, maupun polusi udara. Oleh karena itu, hindari selalu penggunaan berbagai produk atau makanan yang mengandung bahan berbahaya, termasuk menghindari polusi udara.

  1.      Terjadinya Malnutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi, terlebih kekurangan vitamin B12, juga dapat menyebabkan kesemutan. Hal ini semakin bertambah parah jika Anda ternyata penggemar minuman beralkohol. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kesemutan, terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi serta menghindari minuman beralkohol.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kesemutan yang perlu Anda ketahui. Membiasakan pola hidup sehat merupakan cara tepat untuk mengatasi berbagai penyebab kesemutantersebut.

Comments

comments

Related Posts