Kesemutan Dan Cara Mengatasinya

Home / Caring Your Nerve Health / Kesemutan Dan Cara Mengatasinya

Bagi setiap orang yang hidup di muka bumi ini, tentu sebagian besar pernah yang namanya mengalami kesemutan. Dimana kesemutan merupakan gangguan saraf yang terjadi pada bagian-bagian tertentu seperti tangan, kaki dan betis.

Biasanya kesemutan identik dengan rasa sakit seperti nyeri, kebal seolah merasa berat dang sangat sulit untuk digerakkan. Biasanya kesemutan yang banyak terjadi adalah kesemutan di bagian kaki. Ini kita alami saat lebih banyak melakukan duduk tanpa alas sehingga tumpu sebagi tumpuannya.

Jika sudah mengalami kesemutan seolah kaki tidak bisa digerakkan sama sekali. Namun jenis kesemutan semacam ini masih bisa disembuhkan tanpa menggunakan obat terntu. Cukup dengan menunggu beberapa saat kemudian biasanya kesemutan yang terjadi di bagian kaki akan berhenti. Karena hal ini disebabkan oleh tumpuan kaki sebagai penyangga sehingga darah tidak cukup bebas untuk mengalir.

Sementara jika mengalami kesemutan di bagian kedua tangan,  biasanya itu disebabkan oleh salah satu saraf yang terjepit sehingga mengakibatkan cedera. Biasanya kesemutan pada kedua tangan ini dialami bagi orang yang terkena stroke.

Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah rasa nyeri seperti baal, nyeri dan terasa berat sehingga sulit untuk digerakkan. Kebanyakan jenis kesemutan yang terjadi di area tangan bagian ibu jari ini terjadi pada malam hari disaat tidur.

Sehingga rasa sakit yang ditimbulkan sampai membangunkan Anda yang tertidur. Kondisi kesemutan ini biasanya disebabkan oleh diabetes, kencing manis yang disebabkan oleh glukosa yang brelebihan.

Kekurangan vitamin E, B1, B6, dan B12 adalah salah satu penyebabnya. Karena vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk pungsi saraf. Seperti kekurangan B12 khususnya akan menyebabkan Anemia Pernisiosa.

Dimana jenis kekurangan darah Pernisiosa ini akan berbahaya bagi kesehatan. Begitupun jika Anda mengalami kelebihan B6 bisa menyebabkan kesemutan dibagian tangan dan kaki, juga kekurangan B1 satu akan menyebabkan beri-beri.

Untuk mengobati jenis kesemutan semacam ini akan membutuhkan diagnose terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter kesehatan. Khususnya dokter spesialis bidang saraf. Untuk mengobati kesemutan biasanya tergantung dari penyebab yang menimbulkan kesemutan.

Untuk kesemutan yang disebabkan oleh glukosa atau diabetes, cara mengatasinya adalah dengan meminum suplemen vitamin yang mengandung B1, B67 dan B12. Biasanya vitamin ini terkandung dalam suplemen Neurobion.

Dimana suplemen ini mampu memberikan pemulihan terhadap neuropati perifer yang disebabkan oleh kekurangan vitamin.  Ada baiknya jika Anda selalu mengontrol gula darah yang masuk ketubuh Anda. Ini bisa membantu Anda dalam mengurangi kesemutan di bagian kedua tangan. Khususnya yang disebabkan oleh kolestrol.

Dalam kasus yang berbeda, kesemutan ringan yang sering Anda alami selain mengkonsumsi suplemen neurobian. Anda juga bisa mulai memikirkan alternatif yang mungkin bisa Anda lakukan.

Yaitu dengan cara memulai pola hidup sehat dengan tidak banyak mengkonsumsi alcohol serta menanamkan pola hidup sehat kepada keluarga. Berdasarkan jenisnya kesemutan memiliki jenis dan lokasi masing-masing.

Tergantung bagian mana yang mengalami gangguan saraf. Namun hal yang yang paling dini bisa Anda lakukan adalah dengan cara rajin berolahraga. Karena dengan berolahraga, mulai dari perdaran darah yang ada dalam tubuh kita bisa mengalir secara lancar.

Selain itu Anda juga bisa mengikuti program medis secara rutin. Hal ini sangat dibutuhkan untuk tetap mengontrol tubuh Anda. Kesemutan atau nyeri akan berdampak pada saraf yang bisa mengakibatkan gangguan saraf ataupun stroke.

Comments

comments

Related Posts