Kesemutan dan Penyebabnya

Home / All About Your Nerve / Kesemutan dan Penyebabnya

Kesemutan dirasakan hampir oleh setiap orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan juga lansia. Kesemutan adalah keadaan dimana bagian tubuh tertentu seperti tangan dan kaki yang terasa mati rasa dan seperti tertusuk-tusuk. Akan sangat tidak nyaman jika Anda memaksa untuk menggerakkan bagian tubuh yang mengalami kesemutan. Kesemutan kerap kali terjadi utamanya saat Anda sedang duduk dalam waktu yang lama.

Penyebab Kesemutan

Kesemutan merupakan bentuk respon dari tubuh atas adanya tekanan pada syaraf dan pembuluh darah yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Jika kesemutan terjadi pasca duduk lama dan hanya dalam waktu sekejap saja, maka hal ini masih tergolong wajar. Namun bila kesemutan sudah dibarengi dengan indikasi-indikasi lain yang lebih serius dan waktu berlangsungnya pun sudah tidak lagi dalam hitungan menit, maka Anda perlu konsultasikan hal ini ke pihak medis yang berpengalaman. Sebab, sangat mungkin kesemutan yang seperti ini merupakan indikasi dari adanya penyakit berbahaya pada tubuh.

  • Penyebab kesemutan secara umum

Kesemutan adalah keadaan dimana aliran darah dalam pembuluh darah yang menuju pada syaraf tertentu berhenti sejenak sehingga titik tertentu pada tubuh akan mengalami kesemutan. Saat kesemutan bagian tubuh tersebut akan mati rasa dan bahkan tidak terasa saat ditusuk benda tajam. Kesemutan yang wajar akan terjadi dalam waktu singkat dan akan segera mereda khususnya setelah Anda mencoba menggerakkan bagian tubuh yang kesemutan itu. Beberapa aktivitas yang memicu kesemutan normal adalah:

–         Duduk dengan tumpuan kaki tertentu dalam durasi yang lama.

–         Memakai sepatu atau sandal yang membuat kaki terasa pegal seperti jenis high heel.

–         Konsumsi obat-obatan yang merangsang sensitivitas saraf.

–         Defisiensi vitamin B12 yang mengakibatkan anemia atau kekurangan darah sehingga seringkali kesemutan.

  • Penyebab kesemutan secara khusus

Beberapa penyakit berbahaya dengan indikasi kesemutan yang tidak wajar adalah:

  1. Syaraf Terjepit

Syaraf terjepit identik dengan kesemutan. Adapun deskripsi dari syaraf terjepit adalah adanya satu syaraf atau lebih yang out of track sehingga memberikan tekanan lebih pada syaraf lain. Syaraf terjepit pada bagian tulang punggung umumnya menyebabkan kesemutan pada kaki.

  1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar insulin dalam darah yang tidak berfungsi secara maksimal. Seseorang dengan kelebihan gula darah dalam pembuluh darah akan bermasalah dengan peredaran darah ke seluruh bagian tubuhnya. Peredaran darah yang tersumbat dan asupan oksigen yang tidak merata pada tubuh akan menyebabkan kesemutan yang bahkan berasa mati rasa dalam waktu yang lama.

  1. Stroke

Stroke adalah penyakit yang berhubungan dengan berhentinya asupan darah yang kaya oksigen ke syaraf pusat. Itu sebabnya pembuluh darah tidak bisa beraktivitas dengan baik yang ditandai dengan munculnya rasa kesemutan

  1. Multiple sklerosis

Multiple sklerosis adalah satu jenis penyakit yang berbahaya dimana penderitanya akan mengalami gangguan sistem imun tubuh yang justru menyerang balik badan penderita termasuk mielin atau pelindung syaraf. Ini berdampak pada rusaknya jaringan otak dan juga seluruh bagian tubuh. Indikasinya adalah kesemutan yang intens dan dalam waktu yang lama, serta terjadinya kelumpuhan.

  1. Gejala Tumor Otak

Tumor otak disebabkan oleh dua hal, yang pertama adalah karena murni tumor pada otak atau karena adanya imbas tumor dari organ tubuh lain yang menyerang bagian otak. Umumnya, indikasi tumor otak adalah sakit kepala, mual, muntah, termasuk juga kesemutan yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Comments

comments

Related Posts