Mari Lawan Neuropati dengan Cara Ini

Home / Caring Your Nerve Health / Mari Lawan Neuropati dengan Cara Ini

 

Lawan neuropati dengan cara ini, itulah mungkin sepenggal kata yang terpintas saat seseorang terkena penyakit ini dan tidak tahu cara mengetasinya. Sebagian orang akan menganggap sepele tentang penyakit neuropati, namun jangan dikira bahwa neuropati merupakan penyakit yang enteng  dan akan sangat menganggu aktivitas kita.

Sebagian orang bertanya – tanya apa sih neuropati itu. Nuuropati merupakan suatu kondisi dimana fungsi saraf manusia mengalami gangguan. Bisa saja gangguan tersebut terjadi pada salah satu saraf kita ataupun satu bagian saraf yang tentunya akan sangat menganggu keseharian kita.

Penyebab Neuropati

Penderita neuropati akan mengalami kesemutan pada bagian tertentu walaupun mereka tidak melakukan aktivitas apapun. Pada umumnya kesebutan disebabkan oleh penyembitan pembuluh darah atau peredaran arah yang tidak lancar sehingga akan menyebabkan penderitanya mengalami kesemutan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui penyebab dari neuropati untuk bisa melawannya.

  1. Infeksi

Pasien yang terkena infeksi penyakit seperti HIV, Lyme, kusta dan penyakit sifilis sangat rentan terserang penyakit neuropati karena infeksi penyakit tersebut adalah penyakit yang dapat merusak saraf.

  1. Kekurangan vitamin di dalam tubuh

Neuropati juga bisa muncul akibat seseorang kekurangan vitamin didalam tubuhnya, terutama jika orang tersebut kekurangan vitamin B12 dan folat, dan juga vitamin B kompleks yang lainnya.

  1. Mengkonsumsi alkohol

Bagi Anda yang sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar, sebaiknya Anda harus menguranginya atau bahkan berhenti mengonsumsinya. Karena alkohol memiliki kandungan yang berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan fungsi saraf. Mengonsumsi alkohol lebih sering akan menimbulkan lemak berbahaya dapat menyumbat aliran darah sehingga Anda dapat terserang neuropati.

  1. Kecelakan, benturan atau cedera

Luka dan cedera pada seseorang yang mengalami kecelakaan juga dapat mengakibatkan terjadinya gangguan saraf akibat luka tersebut. Sebab, pada umumnya tekanan pada saraf akan berlangsung lebih lama, dan seringkali sirkulasi darah akan menurun dan menyebabkan neuropati.

  1. Diabetes

Diabetes merupakan penyebab utama penyakit neuropati. Diebaetes disebabkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak sehat dan seimbang. Pada beberapa kasus neuropati dapat terjadi pada penderita diabetes dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. Nuropati pada penderita diabetes akan diperparah jika si penderita memiliki riwayat tekanan darah tinggi, obesitas atau kelebihan berat badan sehingga mereka akan kesulitan untuk mengontrol kadar gula di dalam darah mereka.

  1. Obat – obatan

Obat – obatan memang diperuntunkan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Seorang dokter akan meresepkan obat yang cocok untuk Anda agar penyakit cepat sembuh. Namun, siapa sangka bahwa jenis – jenis obat tertentu yang telah diresepkan oleh dokter dapat menjadi suatu faktor penyebab neuropati. Kondisi ini disebabkan oleh efek samping yang ditimbulkan oleh obat – obatan ini. Biasanya obat yang dapat menimbulkan gangguan saraf adalah metronidasol, isiniazole dan beberapa obat antibiotik lainnya.

Lawan neuropati

Cara melawan dan mengobati neuropati tergantung pada faktor penyebab dari neuropati tersebut. Pengobatan neuropati dilakukan untuk mengatasi dan meredakan gejala dari neuropati. Otomatis, obat yang diberikan tergantung penyebab penyakit tersebut. Apabila penyebab awal neuropati bisa ditangani, kemungkinan besar penderita akan terbebas dari neuropati. Anda bisa lawan neuropati dengan cara ini :

  • Jika neuropati disebabkan oleh diabetes cara yang terbaik adalah mengontrol kadar gula dalam darah sehingga akan mencegah kerusakan saraf yang lebih lanjut.
  • Jika neuropati disebabkan oleh infeksi, masalah ginjal, autoimun, kekurangan vitamin, cedera, trauma, efek  samping obat dan penyebab lainnya, maka penangananya pun juga akan berbeda.
  • Tetapi jika neuropati disebabkan oleh tumor, maka cara mengatasinya adalah dengan jalan operasi pengangkatan tumor tersebut.
  • Obat yang diberikan pada penderita neuropati bisa berupa antikonvulsan, antidepresan, opioid dan juga obat oles yang dapat meredakan rasa nyeri.

Selain itu adapun lawan neuropati dengan cara seperti ini dan juga termasuk pencegahan

  • Menjaga pola hidup sehat
  • Melakukan pijak refleksi agar peredaran darah lancar
  • Berhenti merokok
  • Mengonsumsi vitamin B kompleks

Comments

comments

Related Posts