Tips Tetap Nyaman Meski Terjebak Macet saat Mudik

Home / Caring Your Nerve Health / Tips Tetap Nyaman Meski Terjebak Macet saat Mudik

Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi. Seminggu menjelang Lebaran ini, biasanya orang-orang, termasuk mungkin Anda, sudah bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di Hari Raya. Ada banyak hal yang tentunya harus dipersiapkan dalam rangka mudik. Apalagi bagi Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi untuk mudik, tentu banyak persiapan perlu dilakukan.

Mengendarai mobil sendiri untuk mudik memang lebih nyaman, sayangnya hal ini berarti Anda harus siap menghadapi risiko macet. Macet memang hal yang tak terelakkan bagi para pemudik. Sayangnya, terjebak macet terus menerus dalam jangka waktu yang lama adalah salah satu faktor yang membuat para pengemudi menjadi kelompok yang berisiko tinggi mengalami neuropati atau gangguan saraf tepi.

Tapi tak perlu khawatir, ada kok tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk tetap merasa nyaman meski terjebak macet berkepanjangan saat mudik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Jaga kesehatan Anda
    Jika Anda berkendara, pastikan tubuh Anda fit. Karena perjalanan yang panjang dan macet tentunya akan membuat Anda lelah. Seperti yang disebut sebelumnya, bila sehari-hari Anda sudah sering terjebak macet dalam waktu lama, maka Anda berisiko mengalami neuropati. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda mengonsumsi Neurobion secara berkala untuk menjaga kesehatan saraf selama Anda menyetir di tengah kemacetan arus mudik. Neurobion juga dapat mengatasi nyeri sendi yang Anda mungkin alami selama berkendara saat mudik.
  • Atur dan jaga posisi duduk Anda
    Gerakan berulang-ulang pergelangan tangan atau kaki ke atas dan ke bawah saat Anda menyetir dapat menyebabkan tendon di pergelangan tangan atau kaki mengalami peradangan. Akhirnya menekan saraf di pergelangan tangan dan kaki para pengemudi kendaraan saat mudik. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mengantisipasi dengan mengatur dan menjaga posisi duduk, jangan sampai tertekuk. Semakin baik posisi sandaran, tugas otot yang menahan tubuh saat bersandar semakin berkurang
  • Istirahat secara berkala
    Mata Anda sudah lelah namun masih terjebak macet? Sebisa mungkin menepilah untuk beristirahat atau cari pos kesehatan mudik terdekat untuk mengistirahatkan tubuh. Jangan memaksakan tetap berkendara saat lelah, meski Anda terjebak macet. Justru jadikan momen macet untuk beristirahat dan mengembalikan energi Anda agar bisa menghadapi sisa perjalanan.
  • Lakukan olahraga
    Melakukan olahraga, khususnya saat Anda terjebak kemacetan arus mudik membantu otot yang tegang menjadi lebih rileks. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah Neuromove. Selain membantu melemaskan ketegangan otot, Neuromove juga dapat mengurangi back pain akibat duduk terlalu lama. Gerakan Neuromove bisa Anda simak di sini (hyperlink ke video/artikel tentang gerakan neuromove)

Semoga tips-tips tadi dapat membantu Anda dan keluarga untuk tetap nyaman meski terjebak macet saat mudik. Pastikan perjalanan mudik Anda aman, nyaman, serta Anda selamat sampai di tujuan masing-masing untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Selamat mudik!

Comments

comments

Related Posts